Breaking News

Rabu, 10 April 2019

8 Contoh Perintah dasar Jaringan pada CMD

Ilmu komputer11 - Berikut ini adalah perintah command prompt yang biasa kita sebut dengan CMD yaitu perintah jaringan pada windows yang umum kita ketahui :

  1. ipconfig - Ipconfig adalah utilitas DOS yang dapat digunakan dari MS-DOS dan baris perintah Windows untuk menampilkan pengaturan jaringan yang saat ini ditetapkan dan diberikan oleh jaringan. Perintah ini dapat digunakan untuk memverifikasi koneksi jaringan serta memverifikasi pengaturan jaringan Anda. Untuk mendapatkan seluruh informasi Jaringan lokal komputer anda hanya tambahkan /all di belakang ipconfig maka akan menjadi perintah seperti ipconfig /all dengan demikian perintah tersebut akan menampilkan informasi jaringan dengan lengkap.
  2. netstat - Menampilkan koneksi TCP aktif, port tempat komputer mendengarkan, statistik Ethernet, tabel routing IP , statistik IPv4 (untuk protokol IP, ICMP, TCP, dan UDP), dan statistik IPv6 (untuk IPv6, ICMPv6, TCP over IPv6 , dan UDP melalui protokol IPv6). Digunakan tanpa parameter, netstat menampilkan koneksi TCP aktif. 
  3. tracert - Perintah tracert digunakan untuk secara visual melihat paket jaringan yang dikirim dan diterima dan jumlah hop yang diperlukan untuk paket tersebut untuk sampai ke tujuannya.
  4. ping - Membantu menentukan jaringan TCP / IP Alamat IP serta menentukan masalah dengan jaringan dan membantu menyelesaikannya. Lihat definisi ping untuk deskripsi lengkap.
  5. getmac - Perintah DOS digunakan untuk menunjukkan alamat MAC lokal dan jarak jauh. Ketika dijalankan tanpa parameter (mis. Getmac ) ini menampilkan alamat MAC untuk sistem lokal. Ketika dijalankan dengan parameter / s (mis. Getmac / s \\ foo ) ini menampilkan alamat MAC untuk komputer jarak jauh. Ketika parameter / v digunakan, ia juga menampilkan nama koneksi yang terkait dan nama adaptor jaringan.
  6. nslookup - Menampilkan informasi yang dapat Anda gunakan untuk mendiagnosis infrastruktur Domain Name System (DNS). Sebelum menggunakan alat ini, Anda harus terbiasa dengan cara kerja DNS. Alat baris perintah Nslookup hanya tersedia jika Anda telah menginstal protokol TCP / IP.
  7. telnet - Telnet adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh seperti server, perangkat jaringan, atau komputer lain. Dengan telnet, pengguna dapat terhubung ke perangkat atau komputer, mengelola perangkat jaringan, mengatur perangkat, mentransfer file, dll.
  8. pathping - Memberikan informasi tentang latensi jaringan dan kehilangan jaringan pada hop antara antara sumber dan tujuan. Pathping mengirimkan beberapa pesan Echo Request ke setiap router antara sumber dan tujuan selama periode waktu dan kemudian menghitung hasil berdasarkan paket yang dikembalikan dari masing-masing router.

Nah itu dai beberapa contoh perintah CMD pada  jaringan yang sangat umum kita ketahui dan masih ada yang lainnya, sekian dulu dari saya terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar