Breaking News

Kamis, 11 April 2019

Membuat Struktur Direktori Melalui CMD

Ilmu komputer11 - Kali ini saya akan menunjukan cara membuat struktur direktoru (tree) melalui Command Prompt atau yang biasa kita sebut dengan yang namanya CMD, daripada kelamaan basa basi mending kita langsung ke caranya saja.

Yang pertama harus kalian lakukan adalah yaitu membuka aplikasi CMD nya, kalau tidak di buka aplikasi nya bagaimana bisa untuk mengikuti langkahnya.
Untuk membuka kalian bisa menekan tombol keyboard bergambar Windows + R secara bersamaan lalu ketik cmd dan klik OK seperti gambar dibwah ini.

Maka tampilan CMD nya akan seperti ini : 

Setelah sudah membuka aplikasi CMD nya silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

Kalian harus menentukan ingin membuat folder di direktori mana yang kalian inginkan dengan menekan "cd.." lalu tekan enter maka hasilnya akan seperti ini, hasil bisa berbeda karena setiap komputer atau laptop kita berbeda isi file direktorinya.

Disini saya ingin membuat struktur direktori difile C:\Users\Usamah Zaid Haritsa\ dan saya akan membuat folder awal "MATAKULIAH" dengan perintah "mkdir", perintah tersebut adalah make direktori yang berarti adalah perintah untuk membuat file direktori sesuai dengan nama folder yang kita inginkan.

Jika dalam kondisi seperti diatas maka saya akan masuk ke dalam folder Usamah Zaid Haritsa kembali dengan perintah "cd Usamah Zaid Haritsa".


Setelah saya sudah masuk saya akan lanjut membuat folder dengan nama "MATAKUKIAH" dan masuk ke dalam folder tersebut.

Bisa kita lihat melalui File Explore apakah benar folder yang kita buat ada.

Kita Juga bisa membuat folder lebih dari satu dengan memberi spasi pada nama folder seperti contoh gambar di bawah ini yang di lingkari.

Jangan lupa perintah "cd" untuk masuk ke dalam folder dan "cd.." untuk kembali ke direktori sebelumnya.

Setelah serasa sudah membuat banyak file direktori melalui CMD untuk memeriksa nya kita hanya perlu ketik perintah "tree" di CMD dari awal folder yang kita buat.

Perintah "tree" itu sendiri yaitu berarti Pohon yang artinya bercabang yang menjadi nama Struktur Direktori menurut pendapat saya pribadi.


Nah itu dia Cara membuat struktur direktori melalu Command Prompt atau yang biasa kita sebut CMD, SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar